4 Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Sering Digunakan Doc

Harus sangat berhati-hati saat mendekati majikan Anda dengan surat pengunduran diri Anda. Terlepas dari seberapa buruk pengalaman Anda selama bekerja di perusahaan tertentu, semua surat pengunduran diri harus ditangani secara profesional.

Meskipun Anda mungkin berharap untuk memulai pekerjaan baru Anda, Anda juga perlu mengucapkan selamat tinggal kepada rekan kerja yang mungkin telah membangun hubungan dekat dengan Anda. Apa pun kisah pengunduran diri Anda, berusahalah untuk mengundurkan diri dengan harga diri, ikhlas, dan jangan pernah membakar jembatan Anda.

Biasanya ada alasan kuat untuk mencari pekerjaan baru dan ingin berhenti dari pekerjaan Anda saat ini dan sebagian besar waktu itu karena lingkungan kerja Anda saat ini tidak lagi sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Meskipun ini mungkin terdengar seperti cara “damai” untuk menggambarkan surat pengunduran diri Anda, akan lebih menguntungkan bagi Anda untuk mendekati setiap dokumen pengunduran diri dengan sikap netral. Jangan pernah menggunakan surat pemberhentian Anda sebagai kesempatan untuk menyuarakan keluhan Anda dengan perusahaan Anda atau untuk “memberi tahu atasan Anda”. Jika Anda telah mencapai tahap pengunduran diri, Anda harus tabah dalam mengambil keputusan dan menayangkan cucian kotor tentang perusahaan Anda dalam surat untuk mengakhiri pekerjaan Anda hanya akan menimbulkan permusuhan dan kebencian. Ketika menyerahkan surat pengunduran diri Anda, lakukan hal itu dengan menghormati majikan Anda dan juga diri Anda sendiri.

Baca lebih lanjut untuk langkah-langkah menulis surat pengunduran diri dan pastikan untuk meninggalkan pekerjaan lama Anda dengan kesan positif.

LANGKAH SATU: Alat Tulis Surat Pengunduran Diri.

Walaupun alat tulis tempat Anda menyerahkan surat pengunduran diri Anda mungkin merupakan hal terakhir dalam pikiran Anda, inilah alasan mengapa langkah ini terdaftar sebagai yang paling penting dan terpenting saat mengundurkan diri. Sampaikan surat pengunduran diri Anda di atas kertas putih bersih yang tidak digunakan. Jangan mencoba untuk menutupi fakta bahwa Anda berhenti dari pekerjaan Anda dengan menulis surat pemberhentian Anda di atas kertas feminin atau apa pun selain norma. Kertas biasa berukuran A4 (empat) sudah cukup, disertai dengan logo perusahaan. Jika Anda memiliki satu tersedia untuk digunakan, kepala surat perusahaan sangat cocok untuk menulis surat pengunduran diri Anda.

Banggalah pada diri Anda dan etika bisnis Anda dengan menyiapkan surat pengunduran diri Anda pada alat tulis yang mencerminkan profesionalisme dan perhatian Anda.

LANGKAH KEDUA: Tata Letak Surat Pengunduran Diri.

Jika Anda seperti saya, terakhir kali Anda mencatat cara menulis surat pengunduran diri formal, adalah tahun yang lalu, jadi di sini adalah tata letak bersih sederhana yang dapat Anda gunakan untuk memandu Anda saat menyiapkan surat pemutusan hubungan kerja Anda. Di sisi kiri atas (tepat di bawah logo perusahaan jika Anda menggunakan kepala surat) dari surat pengunduran diri Anda, mulai dari baris baru per detail, daftarkan nama manajer lini atau supervisor Anda yang akan mengundurkan diri, diikuti dengan gelar atau sebutan mereka, nama perusahaan dan akhirnya tanggal. Setelah Anda menyatakan perincian ini, lewati dua baris dan mulailah surat pengunduran diri Anda dengan berbicara kepada orang yang ingin Anda undur.

LANGKAH KETIGA: Isi dan Nada Surat Pengunduran Diri.

Kesan terakhir Anda sama pentingnya dengan kesan pertama Anda. Untuk menguraikan hal ini, aman untuk mengatakan bahwa meskipun Anda mungkin putus asa untuk memberi bos Anda bagian dari pikiran Anda ketika mengundurkan diri, jangan. Jangan pernah membakar jembatan Anda ketika mengundurkan diri dan ingat bahwa bos yang Anda undur hari ini mungkin adalah klien yang Anda coba tandatangani besok. Mungkin ada saat di mana jalan Anda mungkin melintasi mantan majikan dan mempertimbangkan betapa kecilnya dunia saat ini, kemungkinan terjadinya hal ini tinggi. Alamat surat pengunduran diri Anda dengan sikap dan nada positif. Anda telah memutuskan untuk memperbaiki situasi Anda saat ini dan dengan menulis surat pengunduran diri Anda dengan nada agresif dan sikap puas diri hanya akan membuat situasi sensitif menjadi lebih buruk. Adalah tugas Anda untuk menggambarkan kesediaan Anda untuk membuat proses pengunduran diri dan periode pemberitahuan berjalan semulus mungkin.

Gunakan surat pengunduran diri Anda untuk menunjukkan kerendahan hati serta etiket bisnis terbaik Anda. Dengan sikap positif, perincian bahwa niat Anda adalah untuk memberikan pemberitahuan tertulis untuk mengakhiri pekerjaan Anda. Setelah mengkonfirmasi rincian periode pemberitahuan Anda dalam kontrak kerja Anda, sertakan tanggal mulai dan tanggal berakhirnya periode pemberitahuan yang akan Anda kerjakan. Pencari Kerja yang mungkin merasa tidak nyaman mendiskusikan rincian pekerjaan baru mereka, tidak perlu menyebutkan informasi seperti ini karena ini bukan persyaratan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda.

LANGKAH EMPAT: Periode Pemberitahuan Pengunduran Diri Anda.

Meskipun merinci periode pemberitahuan Anda merupakan isi dari surat pengunduran diri Anda, saya telah mencantumkan ini sebagai langkah terpisah untuk membesar-besarkan pentingnya segi ini untuk pengunduran diri. Sebelum menyiapkan surat pengunduran diri Anda, sangat penting bagi Anda untuk merujuk kembali ke kontrak kerja Anda untuk menjelaskan syarat dan ketentuan pengunduran diri yang telah Anda setujui. Tergantung pada berapa lama Anda telah dipekerjakan di perusahaan pemberitahuan Anda.

Baca juga contoh surat pengunduran diri dan contoh kartu nama