Cara Merawat Tanaman Dalam Ruangan Yang Baik & Benar

Artikel ini akan membahas tentang cara merawat tanaman yang baik dan benar dalam ruangan. Seringkali kita pulang ke kampung halaman seperti halnya hidup baru di rumah. Kita harus merawat tanaman dengan cinta dan perhatian. Jadi, penting untuk melihat dan memahami pengaturan dan lingkungan ruang sebelum membawa pulang tanaman. Penting untuk memastikan bahwa lingkungan di rumah / kantor Anda atau ruang lain.

Cara Merawat Tanaman

Semua tanaman membutuhkan makanan, air, dan sinar matahari untuk bertahan hidup. Tetapi tanaman yang berbeda membutuhkan jumlah yang berbeda pula.

1. Air

Sirami tanaman Anda sesuai kebutuhan mereka. Tanaman membutuhkan air kolam, tetapi tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Kebanyakan tanaman suka memiliki akarnya yang lembab secara konsisten, tetapi tidak basah. Anda perlu memberi tanaman Anda air yang konsisten. Sebagian besar tanaman indoor kami memiliki dasar gambut. Cara terbaik untuk memeriksa apakah Anda perlu menyirami tanaman atau tidak adalah dengan memeriksa coco gambut dan melihat seberapa keringnya dan air sesuai kebutuhan. Jika coco peat berubah menjadi cokelat muda dan terlihat kering, Anda perlu menyirami tanaman. Tetapi pada saat yang sama, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada penyumbatan air di bagian bawah. Cara terbaik untuk memeriksa ini adalah dengan tetapi jari Anda di coco gambut dan periksa apakah itu kering atau lembab dari dalam.

2. Cahaya

Hal terpenting berikutnya adalah cahaya. Beberapa tanaman membutuhkan sinar matahari yang tepat; di sisi lain beberapa orang mungkin dengan mudah hidup tanpa cahaya alami atau cahaya redup.

Sebagai contoh  tanaman bambu beruntung dapat melakukan dengan tingkat cahaya tidak langsung yang moderat. Tetapi sebuah Bonsai membutuhkan setidaknya 3-4 jam sinar matahari pada basis harian. Kebanyakan tanaman dedaunan dapat dilakukan dengan sedikit atau tanpa sinar matahari. Anda perlu memahami kebutuhan cahaya tanaman Anda dan kemudian menemukan tempat yang paling cocok untuk tanaman di rumah atau kantor Anda. Faktor penting lain di sini adalah untuk menghindari guncangan suhu untuk pabrik.

3. Mencegah Hama Tanaman

Kotoran yang tersumbat pada pori-pori tanaman yang membuatnya sulit bernapas. Anda harus mencuci daun tanaman Anda beberapa kali sebulan. Cara mudah untuk melakukannya adalah menggunakan semprotan air. Jadi, sesekali Anda bisa memasok air semprotan pada daun.

4. Potong Daun Yang Menguning

Daun bisa menguning karena beberapa alasan. Salah satu alasan utama mengapa daun mulai menguning dan kemudian coklat adalah kekeringan. Jika tanaman ini kering, tanaman akan cenderung layu dan daun mulai menguning. Alasan kedua mengapa ini terjadi adalah bahwa beberapa penyakit mempengaruhi tanaman atau ada aktivitas jamur. Penting untuk memahami alasan menguningnya daun, menjaga alasan itu dan juga memangkas daun kuning sehingga tidak mempengaruhi sisa tanaman. Cara mudah untuk memangkas daun kuning adalah dengan menggunakan gunting pemangkasan atau gunting sederhana untuk tanaman berdaun.

5. Makanan / Pupuk Tanaman

Makanan memainkan peran penting dalam memelihara tanaman. Makanan penting untuk tanaman selain air adalah NPK, yang harus Anda tambahkan ke basis tanaman sekali dalam 4-6 bulan. Anda bisa menambahkan bubuk ini ke dalam air dan menambahkan campuran ini ke tanaman. Ini adalah suatu keharusan bagi tanaman Dedaunan dan Bonsais, tetapi tidak diperlukan dalam tanaman Lucky Bamboo.

Jadi itulah 5 hal yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman agar tumbuh dan berkembang secara baik, karena tanaman memberikan kita oksigen untuk hidup pula. Jaga dan rawat tanaman agar lingkungan kita menjadi nyaman dan sejuk. Tanaman juga sebagai investasi untuk anak cucu kita.